Senin, 11 April 2011

Eksistensi Ilmu Pengetahuan

"... Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat..." Demikian sebuah ungkapan dalam al-Quran.
Ilmu pengetahuan merupakan sarana untuk mencapai suatu tujuan, ada kalanya seseorang mempunyai tujuan tertentu dalam hidupnya, namun karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan, maka hal tersebut tidak dapat dicapai dengan baik. Maka jadilah dia sebagai seorang yang tidak berhasil dalam menggapai tujuan hidupnya.
Ada pula seseorang yang diberi pengetahuan tanpa dia sadari kemampuan tersebut ada dan melekat pada dirinya, hal ini seringkali disebut sebagai hidayah atau petunjuk yang hanya diperoleh oleh orang-orang tertentu dan hal itu tidak terlepas dari kewenangan Tuhan sebagai Yang Maha Pemberi, memberikan sesuatu kepada hamba yang dikasihi-Nya atau kepada makhluk yang sama sekali tidak dikasihi-Nya.
Dalam sejarah kehidupan manusia, iblis adalah makhluk yang diciptakan Tuhan yang mendapatkan sesuatu dari Tuhan untuk diperbolehkan memperdaya manusia hingga hari kiamat, hal itu sesuai dengan permintaan iblis sendiri untuk menggoda, merayu dan menjerumuskan manusia ke lembah kehinaan hingga akhir hayatnya, dan itu berlaku hingga hari kiamat.
Demikianlah,  kewenangan Tuhan merupakan kewenangan yang absolut yang akan memberi atau tidak memberikan sesuatu kepada makhluk ciptaan-Nya sesuai dengan keinginan-Nya.
Kembali kepada masalah ilmu pengetahuan, manusia diciptakan dengan sama sekali tanpa ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan harus digali dan ditelusuri dengan berbagai observasi, pemikiran dan dari berbagai sumber.
Berfikir, itulah kuncinya.
Manusia adalah makhluk yang berfikir, kelebihan manusia dibanding dengan makhluk lainnya adalah karena manusia diberikan otak yang berfungsi untuk berfikir dan merumuskan beragam persoalan.  Sementara wawasan harus bertambah untuk memudahkan manusia dalam berfikir, menambah wawasan dengan jalan observasi dan menggali sumber ilmu pengetahuan. Dan... Sumber ilmu pengetahuan yang paling besar adalah dari membaca!
Ya, membaca merupakan sumber pengetahuan tak terbatas yang dapat digali oleh manusia sebagai makhluk yang berfikir, untuk lebih banyak mendapatkan pengetahuan. Itu mutlak dilakukan, karena jikalau manusia kurang pengetahuan, maka sudah pasti akan kurang wawasan. Kurangnya wawasan akan berakibat pada kurangnya keberhasilan dalam berbagai hal.
 
Jadi, keberhasilan berbanding lurus dengan membaca!
Apa iya begitu?
Belum tentu juga sebetulnya, cuma alangkah sangat disayangkan apabila waktu luang yang kita miliki tidak dipergunakan dengan hal-hal yang positif dalam rangka untuk menggali pengetahuan dan salah satunya adalah dengan membaca, membaca dan membaca.
Dalam agama Islam, turunnya wahyu yang pertama adalah dimulai dengan perintah membaca. Membaca jadi semacam sebuah kewajiban bagi umat Islam.
Maka mulailah dengan membaca, dan menggali ilmu pengetahuan dengan jalan apa saja. Ilmu pengetahuan akan mempermudah langkah kita dalam menapaki ruas jalan kehidupan di dunia. Nampaknya benarlah apa yang telah diberitakan oleh Al-Quran perihal derajat kemuliaan bagi orang yang beriman dan yang diberi pengetahuan.
Tapi tanpa memiliki niat untuk menggali ilmu pengetahuan, niscaya kita pun akan mendapati jalan buntu. Mari terobos dengan membaca dan berbagi pengetahuan.
Kuatkan tekad untuk berusaha maju dan menjadi lebih baik, tambah wawasan sebanyak-banyaknya, baca, baca dan baca...
jadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan jadikan masa depan kita lebih baik dari hari ini. Teruslah berjuang untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.
Oke, dari sini saya mulai. Mulai berbagi pengalaman dan pengetahuan. Blog sederhana ini akan mencoba mengajak teman-teman semua untuk berbagi pengetahuan dalam rangka menambah wawasan. Sudah pasti isinya belum sesuai dengan harapan, tapi yang pasti saya mengharapkan sumbangan pemikiran dari semua kalangan, tanpa terkecuali. Termasuk bertukar informasi atau link. Saya akan dengan senang hati menampilkan blog anda di sini.
Harap maklum kalau info yang ada dirasa kurang berkenan atau kurang begitu bermanfaat. Sebagai permulaan, sesuai dengan judul dan maksud dari ditayangkannya blog ini, saya mengajak semua kalangan untuk senantiasa berbagi pengetahuan.
Mari berbagi, mari bersama menuju masa depan yang lebih mulia, mari jadikan masa depan lebih baik dari hari ini.
Mari aranamdafadfadfadfdfdf

1 komentar: