Sabtu, 21 Mei 2011

Surga dan Neraka

Dalam kehidupan sehari-hari berbagai hal sering kita jumpai, kadang kita mendapati sesuatu yang menyenangkan, kadang ada yang bikin jengkel, ada yang seringkali membuat kita tertawa bahkan hingga terbahak-bahak, ada pula yang bikin hati galau hingga pilu serasa ingin menangis bahkan ada pula yang membuat kita benar-benar menangis. Itulah romantika dalam kehidupan di alam dunia. tidak semua hal menyenangkan, tapi tidak pula semua hal menyedihkan. Itu juga yang menjadikan kehidupan di dunia ini menjadi indah, karena adanya berbagai corak ragam kejadian yang kita alami yang berakibat pada kehidupan di dunia ini menjadi tidak monoton.






Andai kehidupan hanya diisi dengan sesuatu yang serba menyenangkan, maka kehidupan bukan lagi disebut dengan alam dunia, itu adalah surga. Tidak ada kesedihan di alam surga. Andai pula semua hal yang kita jumpai adalah kesusahan dan kesedihan, maka itu berarti neraka. Hmm... Sepertinya Tuhan sudah punya rencana yang sangat matang dalam hal penciptaan dunia ini, betapa tidak, dunia ini mewakili keduanya, antara surga dan neraka.


Sekarang tinggal bagaimana cara kita menyikapinya. Adakah kita bersyukur ketika mendapatkan kesenangan dan bersabar ketika mendapat kemalangan? Jika itu yang kita lakukan, maka kita seakan-akan pada saat ini berada dalam surga, tapi manakala kita hanya meratapi kemalangan dan enggan bersyukur ketika mendapat kesenangan, maka surga kita hanya ketika kita mendapati kesenangan itu, ketika kemalangan melanda maka kita seolah-olah berada dalam neraka. Padahal kesenangan dan kemalangan itu datang silih berganti, tidak ada yang senang terus-menerus dan tidak ada pula yang menderita terus-menerus.


Konkritnya surga dan neraka itu sebetulnya ada dalam sanubari kita sendiri, kita pula yang berhak menetapkan pilihan ingin berada di mana. Surgakah, atau neraka yang kita inginkan. Tetapkan pilihan kita, syukuri nikmat yang ada dan bersabar ketika kemalangan melanda, maka di situlah surga kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar